Sabtu, 28 Januari 2017

Tentang Palembang

kain khas tenun sumatera selatan yaitu kain tenun (Songket)
Makanan khas palembang yang paling populer adalah PEMPEK
monumen yang tersohor dikota palembang JEMBATAN AMPERA yang berdiri tegak diatas sungai musi yang menjadi lapak pengais rezeki dikota palembang 
tarian nan anggun yang diperagakan gadis (wanita )palembang .

KEPO TENTANG PALEMBANG? KUY BACA ARTIKEL DIBAWAH :
  • Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km² yang dihuni 1,8 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 per km². Diprediksikan pada tahun 2030 mendatang kota ini akan dihuni 2,5 Juta orang. Pembangunan LRT (kereta api layang), dan rencana pembangunan sirkuit motor GP di kawasan Jakabaring dan sirkuit F1 di kawasan Tanjung Api-Api, merupakan proyek pengembangan Kota Palembang terkini.
    Sejarah Palembang yang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan "Bumi Sriwijaya". Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 688 Masehi menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Di dunia Barat, kota Palembang juga dijuluki Venice of the East ("Venesia dari Timur").
    Saat ini Wali Kota Palembang dijabat oleh H. Harnojoyo, S.Sos.
    Kota ini dianggap sebagai salah satu pusat dari kerajaan Sriwijaya,Serangan Rajendra Chola dari Kerajaan Chola pada tahun 1025, menyebabkan kota ini hanya menjadi pelabuhan sederhana yang tidak berarti lagi bagi para pedagang asing
    Selanjutnya berdasarkan kronik Tiongkok nama Pa-lin-fong yang terdapat pada buku Chu-fan-chi yang ditulis pada tahun 1178 oleh Chou-Ju-Kua dirujuk kepada Palembang
    Berdasarkan kisah Kidung Pamacangah dan Babad Arya Tabanan disebutkan seorang tokoh dari Kediri yang bernama Arya Damar sebagai bupati Palembang turut serta menaklukan Bali bersama dengan Gajah Mada Mahapatih Majapahit pada tahun 1343
    Pada awal abad ke-15, kota Palembang diduduki perompak Chen Zuyi yang berasal dari Tiongkok. Armada bajak laut Chen Zuyi kemudian ditumpas oleh Laksamana Cheng Ho pada tahun 1407.
    Kemudian sekitar tahun 1513, Tomé Pires seorang apoteker Portugis menyebutkan Palembang, telah dipimpin oleh seorang patih yang ditunjuk dari Jawa yang kemudian dirujuk kepada kesultanan Demak serta turut serta menyerang Malaka yang waktu itu telah dikuasai oleh Portugis.
    Palembang muncul sebagai kesultanan pada tahun 1659 dengan Sri Susuhunan Abdurrahman sebagai raja pertamanya. Namun pada tahun 1823 kesultanan Palembang dihapus oleh pemerintah Hindia Belanda. Setelah itu Palembang dibagi menjadi dua keresidenan besar dan permukiman di Palembang dibagi menjadi daerah Ilir dan Ulu.
      perbandingan kota palembang pada keadaan sekarang dan keadaan pada tahun 1659. nampak perbedaan yang sangat signifikan bukan?
  • Keadaan geografis
    Letak geografis
    Secara geografis, Palembang terletak pada 2°59′27.99″LS 104°45′24.24″BT. Luas wilayah Kota Palembang adalah 358,55 Km² dengan ketinggian rata-rata 8 meter dari permukaan laut. Letak Palembang cukup strategis karena dilalui oleh jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan antar daerah di Pulau Sumatera. Palembang sendiri dapat dicapai melalui penerbangan dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bandar Lampung, Bengkulu, Pangkal Pinang, Tanjung Pandan (via Pangkal Pinang), Jambi, Lubuk Linggau, Padang, Pekanbaru, Batam, Medan, dan Denpasar-Bali. Serta dari luar negeri yaitu Singapura, Kuala Lumpur, serta Jeddah (musim haji) Selain itu di Palembang juga terdapat Sungai Musi yang dilintasi Jembatan Ampera dan berfungsi sebagai sarana transportasi dan perdagangan antar wilayah.
     Image result for lambang kota palembangLAMBANG KOTA PALEMBANG

    Arti lambang Kota Palembang

    Bangunan Sirah yaitu rumah Palembang warna asli merah tua coklat dengan pinggiran keemasan berikut 2x (4+5) = 18 tanduk lembaran daun teratai. Ditengah atasan terdapat kembang melati yang belum mekar, berikut simbar yang melambangkan kerukunan kekeluargaan dan kesejahteraan Kota Palembang disegala zaman.
    Puncak rebung warna kuning keemasan, melambangkan kemuliaan dan keagungan. Jumlah 8 buah, melambangkan kemuliaan dan keagungan. Jumlah 8 buah, melambangkan bulan Agustus yang bersejarah, bulan Proklamasi yang mengingatkan perjuangan Kemerdekaan RI. Segi tiga ialah sebuah Bukit yang termasyur di Palembang dengan nama BUKIT SIGUNTANG berwarna hijau berikut sinar keemasan, melambangkan tanggal 17 hari Proklamsi Kemerdekaan RI. Bukit Siguntang adalah tempat kesucian dimasa zaman purbakala yaitu diabad ke VII s/d XII terdapat kumpulan candi-candi, kuil-kuil dan Perguruan Tinggi dikunjungi oleh Pendeta-pendeta dan pelajar-pelajar di seluruh Asia.



    Penduduk


    Penduduk Palembang merupakan etnis MELAYU dan menggunakan Bahasa Melayu yang telah disesuaikan dengan dialek setempat yang kini dikenal sebagai Bahasa Palembang. Namun para pendatang seringkali menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa sehari-hari, seperti bahasa Komering, Rawas, Musi, Pasemah, dan Semendo. Pendatang dari luar Sumatera Selatan kadang-kadang juga menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa sehari-hari dalam keluarga atau komunitas kedaerahan. Namun untuk berkomunikasi dengan warga Palembang lain, penduduk umumnya menggunakan bahasa Palembang sebagai bahasa pengantar sehari-hari. Selain penduduk asli, di Palembang terdapat pula warga pendatang dan warga keturunan, seperti dari Jawa, Minangkabau, Madura, Bugis dan Banjar. Warga keturunan yang banyak tinggal di Palembang adalah Tionghoa, Arab dan India. Kota Palembang memiliki beberapa wilayah yang menjadi ciri khas dari suatu komunitas seperti Kampung Kapitan yang merupakan wilayah Komunitas Tionghoa serta Kampung Al Munawwar, Kampung Assegaf, Kampung Al Habsyi, Kuto Batu, 19 Ilir Kampung Jamalullail dan Kampung Alawiyyin Sungai Bayas 10 Ilir yang merupakan wilayah Komunitas Arab.
    Agama mayoritas di Palembang adalah Islam. Di dalam catatan sejarahnya, Palembang pernah menerapkan undang-undang tertulis berlandaskan Syariat Islam, yang bersumber dari kitab Simbur Cahaya. Selain itu terdapat pula penganut Katolik, Protestan, Hindu, Buddha dan Konghucu.

    No

    Kode
    Kabupaten/Kota
    Ibu Kota Kabupaten
    1
    16.01
    Kabupaten Ogan Komering Ulu
    Baturaja
    2
    16.02
    Kabupaten Ogan Komering Ilir
    Kayu Agung
    3
    16.03
    Kabupaten Muara Enim
    Muara Enim
    4
    16.04
    Kabupaten Lahat
    Lahat
    5
    16.05
    Kabupaten Musi Rawas
    Muara Beliti
    6
    16.06
    Kabupaten Musi Banyuasin
    Sekayu
    7
    16.07
    Kabupaten Banyuasin
    Pangkalan Balai
    8
    16.08
    Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
    Martapura
    9
    16.09
    Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
    Muara Dua
    10
    16.10
    Kabupaten Ogan Ilir
    Indralaya
    11
    16.11
    Kabupaten Empat Lawang
    Tebing Tinggi
    12
    16.12
    Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir
    Talang Ubi
    13
    16.13
    Kabupaten Musi Rawas Utara
    Rupit
    14
    16.71
    Kota Palembang
    -
    15
    16.72
    Kota Pagar Alam
    -
    16
    16.73
    Kota Lubuk Linggau
    -
    17
    16.74
    Kota Prabumulih
    -


     KEANEKA RAGAMAN MAKANAN KHAS PALEMBANG BUKAN HANYA PEMPEK SAJA TAPI ADA 25 MAKANAN KHAS YANG TAK KALAH ENAK DAN TENTU SAJA SANGAT POPULER DIKALANGAN MASYARAKAT PALEMBANG :


    Bagi masyarakat asli palembang, ada berbagai makanan khas Palembang selain Pempek. Dan banyak di antaranya hanya bisa ditemukan di Palembang saja. Terutama di pasar-pasar tradisional di Palembang atau pada saat acara tertentu. Bahkan beberapa makanan di bawah ini akan membuat orang yang dulunya lahir dan tumbuh di Palembang menjadi homesick alias rindu kampung halaman. Namun sebagian makanan khas Palembang ini juga bisa ditemui di kota lainnya seperti di Jakarta.
    Saya menelusuri beberapa blog yang menulis tentang topik makanan khas palembang selain pempek. Dan saya menemukan bahwa kebanyakan akan menulis model, tekwan, celimpungan, dan laksan sebagai salah satu makanan khas Palembang selain pempek. Jika anda telah membaca posting saya tentang jenis-jenis pempek dan turunannya, maka anda akan mengerti bahwa ke empat makanan yang disebutkan di atas sebenarnya adalah turunan dari pempek.
    Jadi apa saja makanan khas palembang selain pempek yang dikenal oleh warga Palembang?

    25 makanan khas Palembang selain pempek (yang bisa saya ingat)

    Kemplang
     Image result for kemplang palembang

    Kemplang sendiri ada 2 jenis, yaitu kemplang ikan dan kemplang sagu. Kemplang ikan biasanya bertekstur lebih padat dibandingkan dengan kemplang sagu. Banyak orang yang salah mengartikan kemplang dan kerupuk. Perbedaan kemplang dan kerupuk yaitu pada proses pembuatannya. Kerupuk melalui proses penggorengan. Sedangkan kemplang dibakar. Biasanya kemplang dinikmati dengan saos cabe merah.
    Pecah Seribu alias Kerupuk Retak SeribuImage result for kerupuk pecah seribu

    Kerupuk pecah seribu memiliki rasa yang khas sekali. Sebenarnya kerupuk pecah seribu ini memiliki bahan yang sama dengan kerupuk ikan biasa. Yang membedakan adalah proses penggorengannya sehingga kerupuk tersebut menjadi bertekstur seperti pecah atau retak seribu. Selain itu, terkadang kita juga menemui kerupuk ini disebut kerupuk mangkok. Ya, itu karena bentuknya yang seperti mangkok. Kerupuk pecah seribu dapat dinikmati bersama nasi, atau sebagai pelengkap saat menikmati tekwan, model, dan lain sebagainya. Kamu harus coba menyantap nasi padang dengan kerupuk ini! Lezat dan nikmat sekali!
    Image result for pindang patin palembangImage result for pindang tulang khas palembang
    Pindang Patin dan Pindang Tulang


    Pindang adalah makanan khas Palembang selain pempek yang sangat terkenal. Di Palembang sendiri, ada pindang ikan patin dan pindang tulang. Jika kamu mampir ke restoran pindang di Palembang, kamu akan disuguhi pilihan menu pindang patin bagian kepala, badan atau ekor. Sedangkan pindang tulang isinya iga sapi yang disajikan dengan kuah pindang. Oh ya, bagi kamu yang tidak suka pedas jangan dicoba ya. Karena tak ada pindang yang tak pedas. Paling enak disantap dengan nasi putih, lalapan, dan sambal tempoyak atau sambal mangga.
    Image result for mie celor palembang
    Mie Celor


    Mie Celor disajikan dengan kuah kental, ditambah dengan daging, udang, kecambah, daun bawang, dan bawang goreng. Biasanya ditambah dengan potongan telur ayam rebus. Rasanya khas sekali. Bahkan ada Indomie rasa mie celor. Namun sayangnya mie instant ini hanya bisa ditemukan di kota Palembang saja.
     Image result for martabak har
    Martabak HAR


    Martabak HAR ini sebenarnya adalah menu masakan dari rumah makan HAR. RM HAR sendiri diambil dari singkatan nama pemiliknya yaitu Haji Abdul Rojak. Seantero Palembang pasti tahu dengan resto ini, karena lokasinya yang sangat strategis terletak di jalan protokol Sudirman. Martabak ini seperti martabak sayur yang sering kita temui, tapi bedanya Martabak HAR hanya menggunakan telur saja. Bisa telur bebek dan bisa juga telur ayam. Lalu disajikan dengan kari kambing dan kecap cabe. Rasanya? Bikin kangen Palembang! Kamu harus cobain. Oh ya, Martabak HAR sendiri sudah membuka cabang di Jakarta yaitu di Jalan Hayam Wuruk. Kalau kamu di Jakarta, ga perlu jauh-jauh ke Palembang untuk mencicipi rasanya.
     Image result for KUELAPIS KOJO
    Kue Lapis Kojo


    Kue Kojo ini adalah makanan yang sering ditemui pada saat hari raya di Palembang. Rasanya manis dan pembuatannya menggunakan banyak sekali telur bebek dan telur ayam. Warna hijau yang didapat berasal dari daun suji dan pandan. Awalnya Kojo ini dibuat tidak berlapis, namun sekarang sudah berinovasi dan dijadikan berlapis-lapis. Selain rasa lebih gurih, tampilannya juga semakin cantik kan?
     Image result for KUELAPIS MAKSUBA
    Kue Lapis Maksuba


    Maksuba ini adalah panganan lain yang juga terkenal dari Palembang. Hampir mirip dengan kojo, bedanya maksuba mengandung susu kental manis dan warnanya tidak hijau. Proses pembuatannya juga sama dengan kojo yaitu dipangggang. Maksuba lazim dihidangkan sebagai sajian bagi tamu pada hari raya.
     Image result for kue 8 jam palembang
    Kue Delapan Jam

    Nah yang satu ini dapat membuat orang penasaran. Kenapa ya dinamakan kue 8 jam? Karena proses pembuatannya membutuhkan waktu 8 jam dalam arti yang sesungguhnya. Dengan komposisi yang hampir sama dengan Maksuba, yang membedakan kue delapan jam ini adalah proses pembuatannya. Kue delapan jam dibuat dengan cara dikukus selama 8 jam. Bukan dipanggang seperti maksuba dan kojo. Kue ini juga biasa disajikan pada saat hari raya di Palembang.
     Image result for kue bolu suri
    Kue Bolu Suri

    Harus diakui kalau tampilan dan rasa, bolu suri sedikit mirip dengan bika ambon. Namun dari komposisi dan cara pembuatan, bolu suri lebih sederhana dan lebih mudah. Bolu yang dipanggang ini juga merupakan hidangan pada hari raya di Palembang.
     Image result for kue gandus palembang
    Kue Gandus

    Dengan menggunakan tepung beras dan tepung kanji, kue gandus bertekstur sangat lembut dan legit. Biasanya ditambahkan ebi atau abon, daun seledri, bawang goreng, dan potongan cabe merah. Bentuknya kecil-kecil dan bisa ditemui di pasar tradisional di Palembang. Rasanya asin pedas dan gurih. enak sekali untuk cemilan atau sarapan pagi.
     Image result for kue LUMPANG
    Kue Lumpang

    Kue yang berwarna hijau ini biasa disantap dengan parutan kelapa yang diberi garam dan dikukus. Asal nama kue lumpang diambil dari bentuknya yang berlubang di tengahnya. Seperti lumpang yang sering ditemui di dapur. Teksturnya empuk dan lembut. Rasanya manis di lidah. Cocok sekali untuk sarapan di pagi hari bersama dengan kopi. Kue lumpang dibuat dengan cara dikukus.
     Image result for kue SRIKAYA
    Kue Srikaya

    Sengaja saya tempatkan kue srikaya berdekatan dengan kue lumpang di urutan sebelumnya. Agar bisa terlihat beda antara keduanya. Sebenarnya kue srikaya dicetak dengan cetakan mangkok yang sama dengan cetakan kue lumpang. Yang membedakan adalah warnanya tidak sehijau kue lumpang. Tekstur permukaannya juga tidak lengket seperti kue lumpang. Kue srikaya ada yang dibuat berlapis dengan ketan. Beberapa toko pempek di Palembang menyediakan kue srikaya sebagai cemilan sambil menunggu pesanan pempeknya digoreng.
     Image result for DADAR JIWO
    Dadar Jiwo

    Kue yang satu ini sangat unik. Kemungkinan terinspirasi dari pempek pistel. Isi dadar jiwo adalah pepaya muda yang ditumis dengan santan dan kulitnya terbuat dari telur, terigu dan air. Hiasannya kemungkinan terinspirasi dari kue gandus dengan bawang goreng dan irisan cabe merah. Dadar jiwo sangat cocok untuk cemilan di pagi ataupun sore hari.
     Image result for engkak ketan khas palembang
    Engkak Ketan

    Satu lagi makanan khas palembang selain pempek. Engkak ketan adalah kue yang manis rasanya dan terbuat dari tepung ketan dan santan sebagai bahan utamanya. Kue ini dapat ditemui di hampir setiap rumah pada saat perayaan Idul Fitri.
     Image result for PANGSIT IKAN khas palembang
    Pangsit Ikan

    Setelah kue-kue asli Palembang, sekarang kembali kepada makanan khas palembang yang berkuah lainnya. Seperti bisa dibayangkan dari namanya, pangsit ikan merupakan olahan daging ikan yang dibungkus dengan kulit pangsit. Bisa disajikan dengan kuah tekwan dan dinikmati sebagai pelengkap lauk makan siang. Menikmati pangsit ikan bisa dibarengi dengan tekwan. Dan jika kamu penyuka pedas, kuahnya bisa dicampur dengan sambal cabe hijau. Hmm.. sedap sekali!
     Image result for burgo palembang
    Burgo


    Burgo terbuat dari tepung beras. Sebenarnya jika irisannya lebih kecil, burgo menjelma menjadi kwetiau. Hanya saja burgo ini dinikmati bersama dengan kuah santan pedas. Sangat cocok jika dinikmati dengan Laksan dan ditambah telur ayam rebus.
     Image result for lakso palembang
    Lakso


    Lakso atau laksa berbentuk seperti mie. Sama seperti burgo, lakso juga terbuat dari tepung beras sebagai bahan utamanya. Kuah lakso berbeda dari kuah burgo. Lakso cocok dinikmati bersama dengan celimpungan. Hmmm.. Jadi ingin mencobanya?
     Image result for SAMBAL TEMPOYAK
    Sambal Tempoyak


    Nah sambal tempoyak ini masakan khas asli Palembang. Terbuat dari buah durian, sambal tempoyak biasa disajikan bersama hidangan pindang palembang. Namun bisa juga dipadukan dengan lauk sehari-hari lainnya. Sangat nikmat bila disantap dengan nasi putih hangat. Sayangnya saat ini tempoyak sudah agak jarang ditemui dan biasanya dibuat hanya untuk konsumsi sendiri.
     Image result for sambal lingkung
    Sambal Lingkung (dibaca: sambelingkung)


    Berbeda dari sambal pada umumnya, sambelingkung sama sekali tidak pedas. Oleh karena itulah sambelingkung ini banyak disukai anak-anak di Palembang sebagai pelengkap makan siang atau makan malam. Sambelingkung adalah daging ikan yang dijadikan abon. Biasanya bisa ditemukan pada toko yang menjual kerupuk atau di pasar-pasar tradisional di Palembang.
     Image result for es kacang merah
    Es Kacang Merah

    Mungkin ini adalah satu-satunya jenis minuman dingin yang termasuk dalam kategori ini. Tapi es kacang merah sudah seperti menjadi makanan yang harus dicicipi setiap berkunjung ke Palembang. Es kacang merah sendiri adalah salah satu makanan yang akan membuat kamu ingin mengulang kunjungan ke Palembang. Pada beberapa toko pempek ada yang menjual es kacang merah, karena es kacang merah ini sangat nikmat jika dinikmati setelah selesai menyantap pempek. Namun hanya sedikit es kacang merah yang benar-benar enak dan dapat membuat orang yang mencicipinya ketagihan.
    Image result for lempok durian
    Lempok Durian


    Ini adalah makanan kesukaan saya sejak kanak-kanak. Pertama kali mencicipi lempok durian adalah pada saat berkunjung ke rumah almarhum kakek saya di Bengkulu. Saya sempat berpikir lempok berasal dari Bengkulu. Namun ternyata ada sejarahnya dan nanti akan saya bahas di bawah. Lempok ini adalah dodol durian, namun teksturnya berbeda dari dodol yang biasa kamu kenal. Lempok ini rasanya manis sekali, teksturnya lembut dan berserat. Kamu harus cobain sendiri untuk mengetahui rasanya. Oh ya sebagai tips, jangan meminum minuman bersoda setelah makan lempok ini ya. Karena lempok ini terbuat dari durian asli dan gula, jadi akan bereaksi terhadap lambungmu jika tercampur soda.
     Image result for DUKU PALEMBANG
    Duku Palembang


    Siapa yang tak tahu kalau duku berasal dari Palembang? Buah yang bentuknya bulat kecil ini rasanya manis. Namun tidak sedikit juga yang rasanya asam dan membuat alis mata berkerut ketika mencicipinya. Meskipun ini bukanlah buah kesukaan saya, tapi setiap kali mencicipi duku saya pasti teringat dengan suasana kota Palembang hingga saat ini. Tips untuk kamu jika baru pertama kali mencicipi duku. Duku itu memiliki biji dan hati-hati jika tergigit, akan terasa pahit di lidah. Selamat mencicipi!
     Image result for godo godo
    Godo-godo


    Bukan gado-gado ya. Nah, beberapa orang akan menyebut ini pempek godo atau empek godo. Sebenarnya sama saja hanya berbeda dari penamaan. Godo ini juga bisa dikategorikan sebagai turunan pempek, karena adonan yang digunakan agak mirip meskipun tidak menggunakan daging ikan. Malah, godo ini banyak terbuat dari udang sebagai bahan utamanya. Mungkin karena paling nikmat disantap menggunakan kuah cuko pempek, maka jadilah godo ini disebut pempek. Meskipun beberapa orang mengenalnya dengan pempek godo, tapi makanan palembang yang satu ini tidak dijual di toko pempek umumnya. Godo-godo biasa ditemukan di gerobak yang menjual gorengan di pinggiran jalan kota Palembang.
     Image result for telok ukan palembang
    Telok Ukan


    Telok ukan adalah makanan yang sangat unik. Telok Ukan (dalam bahasa Indonesia artinya “Bukan Telur”), ada yang terbuat dari telur bebek dan ada juga yang terbuat dari telur ayam. Namun yang paling diminati adalah yang terbuat dari telur bebek. Prosesnya terbilang cukup rumit. Ini karena telur bebek dilubangi dengan jarum terlebih dahulu untuk mengeluarkan isinya. Lalu isinya dicampur dengan santan dan aneka bumbu lainnya. Setelah itu dimasukkan kembali ke dalam telur dan dikukus. Kedengarannya mudah namun kenyataannya tidak gampang. Sayangnya telok ukan ini sangat jarang dijumpai sehari-harinya. Telok ukan bisa kamu temui pada saat perayaan kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus. Sedihnya telok ukan ini termasuk makanan yang hampir punah karena minimnya penjual. Bahkan warga Palembang sendiri tidak banyak yang mengetahui keberadaan telok ini.
     Image result for GULO PUAN
    Gulo Puan

    Sejak jaman kesultanan di Palembang, gulo puan ini sudah hadir menjadi makanan yang hanya bisa dinikmati para bangsawan dan haji pada saat itu. Gulo dalam bahasa Indonesia artinya gulo, sedangkan puan berarti susu. Jadi gulo puan ini berarti gula susu. Dalam arti sebenarnya, karena bahan utama pembuatnya ialah gula dan susu. Susu yang digunakan bukan sembarang susu, namun susu kerbau rawa. Produsen gulo puan bisa ditemui di sisi kota palembang di daerah Ogan Komering Ilir. Itupun sudah tidak banyak rumah tangga yang khusus memproduksi gulo puan ini. Cara pembuatan gulo puan yaitu susu kerbau dimasak dalam kuali yang sudah dipanaskan. Dicampur dengan gula, susu kerbau rawa ini diaduk terus menerus selama 3-4 jam hingga susu mengental dan kalis seperti karamel kering. Gulo puan ini bisa dijadikan olesan roti, dinikmati bersama pisang goreng dan kopi, bahkan untuk bahan baku pembuatan kue delapan jam. Makanan palembang yang satu ini juga termasuk salah satu yang hampir punah keberadaannya. Kalau kamu ingin mencicipinya, tempat pertama untuk mencari adalah di sekitaran Masjid Agung Palembang pada saat salat Jumat.
    Ternyata banyak bukan makanan khas palembang selain pempek? Masih ada lagi getas, kue jongkong, nasi gemuk, sambal calok (dibaca: caluk) dan sangat sering kita jumpai di Palembang, tapi tidak saya masukkan dalam daftar di atas. Ini karena makanan-makanan tersebut sudah berbagi daerah asal seperti getas dan kue jongkong yang juga bisa ditemui di Bangka. Nasi Gemuk yang juga lazim ditemui di Jambi. Dan sambal calok yang sebenarnya sama juga dengan sambal terasi yang bisa kita temui di mana-mana.
    Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa banyak makanan khas Palembang yang juga diakui khas pada daerah lainnya seperti Jambi, Bangka, Lampung dan Bengkulu? Jawabannya sederhana jika dilihat dari sejarah kota Palembang sendiri. Atau lebih tepatnya sejarah propinsi Sumatera Selatan.
    Dulu, Propinsi Jambi, Bangka Belitung, dan propinsi Bengkulu adalah bagian dari Propinsi Sumatera Selatan. Setelah mengalami pemekaran, tentu saja adat, bahasa, kebudayaan, bahkan makanan khas tetap ikut melekat pada daerah tersebut dan masyarakatnya. Kalau Lampung, kebanyakan berasal dari migrasi masyarakat Palembang ke Lampung karena memang propinsi ini saling berbatasan.
    • selain makanan khas palembang juga memiliki aneka ragam tarian tradisional yang sangan indah untuk di pandang 
    • 1. Tari Gending Sriwijaya


      Gending Sriwijaya merupakan lagu daerah dan juga tarian yang cukup populer dari kota Palembang Sumatera Selatan. Lagu Gending Sriwijaya ini dibawakan untuk mengiringi tari Gending Sriwijaya. Baik lagu maupun tarian ini menggambarkan keluhuran budaya, kejayaan, dan keagungan kemaharajaan Sriwijaya yang pernah berjaya mempersatukan wilayah Barat Nusantara Lirik lagu ini juga menggambarkan kerinduan seseorang akan zaman di mana pada saat itu Sriwijaya pernah menjadi pusat studi agama Buddha di dunia.
      Tari Gending Sriwijaya dari Sumatera Selatan ini dibawakan untuk menyambut tamu-tamu agung. Biasanya tarian ini dibawakan oleh sebanyak 13 orang penari, yang terdiri dari 9 orang penari inti dan 4 orang pendamping dan penyanyi :
    • Satu orang penari utama pembawa tepak (tepak, kapur, sirih), 
    • Dua orang penari pembawa peridon (perlengkapan tepak),
    • Enam orang penari pendamping (tiga dikanan dan tiga kiri),
    • Satu orang pembawa payung kebesaran (dibawa oleh pria),
    • Satu orang penyanyi Gending Sriwijaya, 
    • Dua orang pembawa tombak (pria).
    •  

      2. Tari Tanggai


      Tari Tanggai merupakan tarian tradisional dari Sumatera Selatan yang juga dipersembahkan untuk menyambut tamu kehormatan. Berbeda dengan tari Gending Sriwijaya, Tari Tanggai dibawakan oleh lima orang dengan memakai pakaian khas daerah seperti kain songket, dodot, pending, kalung, sanggul malang, kembang urat atau rampai, tajuk cempako, kembang goyang, dan tanggai yang berbentuk kuku terbuat dari lempengan tembaga.
      Tari ini merupakan perpaduan antara gerak yang gemulai dengan busana khas daerah. Tarian ini menggambarkan masyarakat Palembang yang ramah dan menghormati, menghargai serta menyayangi tamu yang berkunjung ke daerahnya.

      3. Tari Mejeng Basuko

      Tarian mejeng basuko adalah tarian khas muda mudi Sumatera Selatan (Sumsel). Tarian ini menggambarkan muda mudi yang berkumpul dan bersenda gurau untuk menarik hati lawan jenisnya. Tak jarang ada yang sampai jatuh hati dan mendapatkan jodoh dari pertemuan tersebut.

      4. Tari Rodat Cempako

      Tarian Rodat Cempako adalah tarian khas masyarakat Sumsel yang dipengaruhi oleh gerakan dari Timur Tengah. Tarian Rodat Cempako ini merupakan tarian masyarakat Sumsel yang bernafaskan Islam.

      5. Tari Tenun Songket

      Tarian Tenun Songket dari Sumatera Selatan ini menggambarkan masyarkat Sumsel khususnya kaum wanita yang memanfaatkan waktu luangnya untuk menenun kain songket dan kerajinan tangan.

      6. Tari Madik / Nindai

      Tari Madik / Nindai adalah tarian khas Sumatera Selatan yang menggambarkan proses pemilihan calon menantu. Di Sumatera Selatan terdapat kebiasaan dimana orang tua pria akan berkunjung ke rumah calon menantunya untuk melihat dan menilai (Madik dan Nindai) kepribadian sehari-hari calon menantu tersebut.
     




Tidak ada komentar:

Posting Komentar